Minggu, 11 Januari 2015

410 PEMBIMBING MALAIKAT KECIL

410 PEMBIMBING MALAIKAT KECIL

Apakah anda pernah mendengar seorang ibu yangmenyebut anaknya “malaikat kecil”? Ya, anak kecil, anak bayi, anak yang baru lahir memang sesuci malaikat! John Lock member nama teorinya “Tabularasa”, sebuah nampan putih bersih. Akan jadi apa anak tersebut tergantung tulisan apa yang akan ditulis  oleh guru, orang tua, dan lingkungan.
Anak adalah masa depan, anak adalah pemilik dunia ini, anak adalah hidup kita, anak adalah cermin orang tua, anak adalah manifestasi orang tua, dan anak adalah diri orang tua itu sendiri. Orang tua pendiam, pengalah, dan penyabar bisa berubah menjadi pemberang, emosional, marah tak terkendali jika ia melihat anaknya tersakiti, disakiti, disia-siakan, diperlakukan salah, singkat kata anak mengalami penderitaan karena perilaku orang terhadap anak.
Seorang bapak yang pemalu menjadi berani meminta jatah makanan ketika donor darah, karena anaknya memintanya dan panitia lupa memberikan jatah kepada bapak si pendonor darah. Seorang ibu rela menjual ginjalnya untuk membiayai pendidikan anak. Bahkan, seorang itu rela menjadi pelacur sekalipun untuk mencarikan biaya anak-anaknya. Seorang rela menjadi perampok demi si malaikat kecil!
Ya, ia adalah malaikat kecil!
Adakah orang tua yang menyia-nyiakan anaknya, meskipun ia lahir tak dikehendaki, meskipun ia lahir dari perkosaan atau hubungan yang salah. Jika ada, mungkin ia sedang khilaf, mungkin ia kehilangan kesadaran sesaat atau tidak menyadari ia memiliki tanggung jawab. Bila tidak demikian ia adalah orang tua gila!
Orang tua yang tidak membiayai anaknya, orang tua yang melepaskan tanggung jawab dan melemparkan tanggung jawab pada orang lain, pada nenek dengan berbagai dalih atau ke pantiasuhan. Tentu ia adalah orang tua yang sudah sangat terpaksa, orang tua yang sudah menemui jalan buntu melaksanakan tanggung jawabnya, orang tua yang berada dibawah alam sadar karena ketakutan pada istri barunya atau suami barunya yang member kesenangan lahiriah dan kesenangan duniawi semata. Ia sedang tersesat!
Sementara ada orang tua yang tega memperkosa anaknya sendiri, orang tua yang menjual anaknya, orang tua yang menjadikan anaknya menjadi pelacur, menyewakananaknya demi uang. Ia adalah orang tua terganggu kesadarannya, orang tua yang kehilangan kesadarannya, dengan kata lain ia adalah orang tua gila, tidak waras, …masukkan ia ke rumah sakit jiwa!
Calon Pembimbing Malaikat Kecil
Tanggal 5 Agustus 2010, FKIP UNS mewisuda 410 ahli madya pendidikan yang dipersiapkan menjadi guru SD 386 dan 24 calon guru taman kanak-kanak.  Ia adalah calon-calon pembimbing malaikat kecil dari sepasang manusia yang bekerja sama dalam ikatan cinta duniawi dan mungkin ikatan surgawi atau malah keduanya mengikat cinta dalam perkawinan yang tidak hanya duniawi dalam kesenangan tetapi sekaligus mereka menjalin cinta untuk ikatan cinta akhirat.
Lahirlah malaikat-malaikat kecil penerus pengurus negeri, pemilik syah negeri ini dan dunia seisinya. Memang jumlahnya  sangat banyak dan belum memiliki benang merah ikatan, tetapi kita semua tahu kita segera berpulang tidak lama lagi, sementara secara normal anak-anak yang baru lahir memiliki kemungkinan besar menghuni dunia ini jauh lebih lama dibanding kita!
Ia Perlu Bimbingan
Tentu orang tua kandung adalah penanggung jawab utama yang akan menghadap sang khalik salah satunya mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam mendidik anak yang diamanahkan kepadanya. Ayah adalh penanggung jawab utama  dan ibu adalah penanggung jawab bantu. Merekalah yang pertama menanamkan berbagai nilai-nilai kehidupan dalam modeling alamiah di kehidupan keluarga setiap hari sampai mereka dewasa dan berubah menjadi penanggung jawab!
Pembimbing selanjutnya adalah guru-guru taman kanak-kanak dan guru SD. Berdasarkan tinjauan psikologis pihak ketiga justru memiliki power dan guru adalah pihak ke tiga yang memiliki power dalam mendidik. Guru adalah orang yang diidentifikasi oleh anak sebagai pihak pertama dan orang tua sebagai pihak kedua mulai ditinggalkan anak yang mengubah idolanya ke gurunya! Apa yang diucapkan, apa yang diperintahkan, apa yang dicontohkan adalah hokum bagi anak-anak malaikat kecil ini!
Konsekuensinya!
410 calon guru yang secara resmi disematkan gelar ahli madya pendidikan memiliki kewenangan mendidik dan membimbing malaikat kecil dan kalian akan diminta pertanggungjawaban oleh sang khalik nantinya. Untuk itu 410 pembimbing malaikat kecil tidak boleh sembarangan, harus berhati-hati dan senantiasa meningkatkan dirinya dalam membimbing malaikat kecil!

Selamat dan siaplah membimbing malaikat kecil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar