Nama : Ike Nurjanah
NIM :
10212509
Semester/Kelas : V/B
SKENARIO
PEMBELAJARAN TERPADU
MODEL
SHARED
Mata Pelajaran : IPA dan SBK (Seni Tari)
Sekolah : SD Negeri 2 Brecong
Tema : Gerak
Kelas/Semester : I/II
A. STANDAR
KOMPETENSI
1. IPA
Energi
dan Perubahannya
4. Mengenal berbagai
bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN (Seni Tari)
11. Mengapresiasi karya seni tari
B. KOMPETENSI DASAR
1. IPA
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan
yang sulit bergerak melalui percobaan
2. SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (Seni Tari)
11.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam
melaksanakan gerak berpindah tempat.
11.2
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Menyebutkan
contoh-contoh gerak benda
2.
Mempergakan
gerak fungsi tubuh
D. SKENARIO
PEMBELAJARAN
1. Perencanaan
a.
Guru memilih
tema dan menentukan tujuan pembelajaran dicapai dari dari materi yang akan
dibahas. Tema yang akan dibahas adalah “Gerak”.
b.
Guru menentukan
konsep-konsep yang akan diketahui siswa pada saaat curah pendapat dengan siswa
mengenai gerak.
c.
Guru menetapkan
keterampilan proses yang dapat dikembangkan.
d.
Guru menyiapkan
media yang akan digunakan untuk pembelajaran gerak, misalnya benda-benda nyata
untuk melakukan percobaan gerak benda.
2. Pelaksanaan
a.
Guru memberikan
penjelasan awal tentang pengertian gerak macam-macam gerak.
b.
Guru menunjuk
salah satu siswa secara acak untuk maju ke depan kelas melakukan percobaan
salah satu gerak benda, siswa lain yang memperhatikan.
c.
Guru bertanya
kepada siswa tentang macam-macam gerak yang lainnya selain gerak benda,
misalnya gerak tubuh manusia.
d.
Siswa
mencontohkan salah satu gerak tubuh manusia yang mereka tahu.
e.
Guru
memperagakan contoh gerak tubuh lainnya yang dapat dijadikan gerak dalam tari.
f.
Siswa
bersama-sama menirukan gerak yang diperagakan guru.
g.
Guru memberikan
tugas kepada siswa untuk mengelompokan macam-macam gerak sesuai dengan kelompok
masing-masing gerak secara berkelompok dengan teman sebangku.
h.
Masing-masing
kelompok satu per satu menyampaikan hasil dari pemikirannya di depan kelas.
i.
Siswa bersama
guru mengkonfirmasi jawaban yang telah disampaikan oleh setiap siswa.
IPA-SBK Seni Tari
IPA SBK
IPA
|
IPA-SBK Seni Tari
|
SBK Seni Tari
|
Gerak
menggelinding, gerak jatuh, gerak memantul, gerak melayang, dan gerak
berputar.
|
Macam-macam
gerak (konten)
|
Gerak mengayun, gerak berputar, gerak telungkup,
gerak merangkak, tepuk tangan dan gerak jalan di tempat.
|
|
Partisipasi
(sikap)
|
Apresiatif
seni
|
Menyebutkan
contoh gerak benda menggelinding, memantul, malayang dan berputar.
|
Keterampilan
(sekuens)
|
Memperagakan
gerak mengayun, berputar, telungkup, merangkan, dan jalan di tempat.
|
3. Evaluasi
a.
Evaluasi Proses
1)
Proses melakukan
peragaan gerak tubuh.
2)
Proses diskusi
dalam kelompok kecil.
b.
Evaluasi Hasil
1)
Ketepatan hasil
jawaban diskusi
2)
Soal evalusi
tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar