Minggu, 11 Januari 2015

RPP

Nama                         : Ike Nurjanah
NIM                          : 10212509
Semester/Kelas         : V/B



SKENARIO PEMBELAJARAN TERPADU
MODEL SHARED
Mata Pelajaran           : IPA dan SBK (Seni Tari)
Sekolah                       : SD Negeri 2 Brecong
Tema                           : Gerak
Kelas/Semester            : I/II

A.  STANDAR KOMPETENSI
1.    IPA
Energi dan Perubahannya
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.    SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (Seni Tari)
11. Mengapresiasi karya seni tari

B.  KOMPETENSI DASAR
1.    IPA
4.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
2.    SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (Seni Tari)
11.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat.
11.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Menyebutkan contoh-contoh gerak benda
2.      Mempergakan gerak fungsi tubuh
D.  SKENARIO PEMBELAJARAN
1.    Perencanaan
a.       Guru memilih tema dan menentukan tujuan pembelajaran dicapai dari dari materi yang akan dibahas. Tema yang akan dibahas adalah “Gerak”.
b.      Guru menentukan konsep-konsep yang akan diketahui siswa pada saaat curah pendapat dengan siswa mengenai gerak.
c.       Guru menetapkan keterampilan proses yang dapat dikembangkan.
d.      Guru menyiapkan media yang akan digunakan untuk pembelajaran gerak, misalnya benda-benda nyata untuk melakukan percobaan gerak benda.
2.    Pelaksanaan
a.       Guru memberikan penjelasan awal tentang pengertian gerak macam-macam gerak.
b.      Guru menunjuk salah satu siswa secara acak untuk maju ke depan kelas melakukan percobaan salah satu gerak benda, siswa lain yang memperhatikan.
c.       Guru bertanya kepada siswa tentang macam-macam gerak yang lainnya selain gerak benda, misalnya gerak tubuh manusia.
d.      Siswa mencontohkan salah satu gerak tubuh manusia yang mereka tahu.
e.       Guru memperagakan contoh gerak tubuh lainnya yang dapat dijadikan gerak dalam tari.
f.       Siswa bersama-sama menirukan gerak yang diperagakan guru.
g.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengelompokan macam-macam gerak sesuai dengan kelompok masing-masing gerak secara berkelompok dengan teman sebangku.
h.      Masing-masing kelompok satu per satu menyampaikan hasil dari pemikirannya di depan kelas.
i.        Siswa bersama guru mengkonfirmasi jawaban yang telah disampaikan oleh setiap siswa.
 


  IPA-SBK Seni Tari
    IPA                                                                                  SBK








IPA
IPA-SBK Seni Tari
SBK Seni Tari
Gerak menggelinding, gerak jatuh, gerak memantul, gerak melayang, dan gerak berputar.
Macam-macam gerak (konten)
Gerak  mengayun, gerak berputar, gerak telungkup, gerak merangkak, tepuk tangan dan gerak jalan di tempat.

Partisipasi (sikap)
Apresiatif seni
Menyebutkan contoh gerak benda menggelinding, memantul, malayang dan berputar.
Keterampilan (sekuens)
Memperagakan gerak mengayun, berputar, telungkup, merangkan, dan jalan di tempat.

3.    Evaluasi
a.    Evaluasi Proses
1)      Proses melakukan peragaan gerak tubuh.
2)      Proses diskusi dalam kelompok kecil.
b.    Evaluasi Hasil
1)      Ketepatan hasil jawaban diskusi

2)      Soal evalusi tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar